Langkah Mudah Cara Ternak Burung Kenari

Burung kenari adalah yang sangat diincar oleh para ‘kolektor’ burung. Burung ini memiliki suara yang merdu sehingga membuat pendengarnya  akan merasa nyaman dan damai. Selain itu bentuk dari burung ini pun cantik.

Hal ini rupanya menjadikan burung kenari sebagai peluang bisnis yaitu ternak burung kenari. Ternak burung kenari bisa menjadi ladang penghasilan yang menjanjikan. Akan tetapi sebelum memperoleh penghasilan yang besar kita harus tahu dulu cara ternak burung kenari yang mudah dan benar dari pengicau.net.

Langkah mudah cara ternak burung kenari

Bagi Anda yang ingin ternak burung kenari, terlebih dahulu Anda harus mengetahui langkah-langkah ternak burung kenari secara jelas. Agar hasil yang Anda harapkan sesuai dengan keinginan dan dapat mengurangi resiko kegagalan. Berikut ini langkah mudah ternak burung kenari:

unsplash.com

Jenis kelamin burung kenari

Sebelum memulai berternak burung kenari, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis kelamin pada burung kenari tersebut. Lalu bagaimana cara membedakan mana jantan mana betina? Ini dia perbedaan burung burung kenari jantan dan burung kenari betina:

Burung Kenari Jantan:

  • Pada bagian dubur pejantan bentuknya menonjol, tegak lurus dan vertikal
  • Memiliki suara yang nyaring dan suka berkicau.
  • Memiliki badan yang ramping memanjang serta leher yang lebih panjang.

Burung Kenari Betina:

  • Pada bagian dubur tidak menonjol dan datar.
  • Ketika berkicau tidak nyaring dan tidak sering.
  • Memiliki badan yang bulat dan leher yang pendek.

Umur Burung Kenari

Selanjutnya Anda harus mengetahui umur burung kenari agar Anda dapat mengetahui burung kenari dalam keadaan siapa kawin atau birahi atau tidak.

Ciri-ciri burung kenari siap kawin

Burung kenari jantan; ketika burung kenari jantan siap kawin dia akan lebih hiperaktif yaitu mengepak-kepakan sayap, sering melompat-lompat hingga menabrak jeruji kandang.

Burung kenari betina; ketika burung kenari betina siap kawin dia juga akan mengepak-kepakan sayapnya, dan juga mematuk apapun yang ada di dalam sangkarnya.

unsplash.com

Kandang untuk burung kenari

Setelah mengetahui ciri-ciri burung kenari selanjutnya adalah persiapan kandang. Kandang burung kenari harus terbebas dari gangguan pengganggu seperti serangga, semut, dan hewan kecil lainnya. untuk mengatasinya menggunakan kapur ajaib. Untuk mengatasi serangan dari tikus buat kandang dari alumunium selain itu agar kandang kokoh.

Karena burung kenari sangat aktif maka kandang burung kenari harus luas untuk terbang. Maka sebaiknya pilih kandang yang memungkinkan burung kenari bisa terbang dari dahan ke dahan. Dan tidak lupa dalam kandang harus disediakan tempat makanan untuk burung. Makanan tersebut berupa biji-bijian atau atau bisa juga telur rebus.

Proses perjodohan burung kenari

Sebelum proses perkawinan, berikan waktu terlebih dahulu untuk burung kenari jantan dan kenari betina saling berkenalan. Caranya yaitu dengan mendekatkan kandang mereka. Apabila mereka sudah saling tertarik maka burung kenari jantan akan menyuapi si burung betina meskipun berada di luar sangkar. Burung kenari jantan akan sering sekali berkicau untuk menggoda si betina.

Proses perkawinan burung kenari

Ketika mereka sudah terlihat berjodoh maka stahap selanjutnya masukan mereka dalam satu kandang yang sama. Caranya yaitu pada sore hari masukan burung kenari jantan ke dalam sangkar burung kenari betina. Lalu perhatikan apakah mereka saling menyuapi atau tidak. Maka sebentar lagi mereka akan kawin. Kemudian biarkan mereka dalam sangkar sampai pagi hari. Setelah itu pisahkan kenari jantan dan betina pada pukul 7-9 pagi. Ulangi terus menerus memasukan burung kenari jantan dan betina sampai si betina bertelur. Agar kenari lebih gress meningkatkan birahinya maka harus mendapatkan perlakuan khusus, seperti:

  • Menjemur burung kenari pada pagi hari untuk mencegah stres dan menjaga kesehatan.
  • Ketika dijemur dekatkan selalu kedua kandang kenari betina dan jantan, agar betina burung birahi segera naik.
  • Memperbanyak makanan bergizi, seperti vitamin, telor puyuh, dan lainnya.
  • Apabila memiliki lebih dari satu pejantan cobalah dekatkan ke kenari betina untuk melihat bagaimana kecocokannya.
  • Ketika sedang menjemur dekatkan selalu kedua kenari yang sedang dijodohkan. Nah apabila memiliki kenari jantan yang lai, sesekali boleh jemur betina yang sedang dijodohkan dengan jantan lainnya. tujuannya supaya kenari betina birahinya lebih meningkat.

unsplash.com

Proses pengeraman telur burung kenari

Ketika proses pengeraman biarkan kenari betina dan jantan dalam satu sangkar. Tujuannya agar jantan tetap menyuapi si betina ketika si betina sedang mengerami telurnya. Ketika proses pengeraman pastikan selalu kandang dalam keadaan bersih, dan terus menyediakan makanan dan minuman untuk kedua burung kenari tersebut.

Proses penetasan telur

Dalam waktu 14 hari setelah bertelur, maka telur-telur akan menetas. Tetap selalu jaga kebersihan kandang dan jangan sampai kehabisan makanan dan minuman.

Nah itu dia langkah mudah cara ternak burung kenari yang harus anda ketahu sebelum mencoba memulai ternak burung kenari. Bulatkan tekad dan jangan gampang putus ada ketika mengelami hal yang tak teduga. Selamat mencoba dan semoga berhasil.