Faktor-Faktor yang Menyebabkan Ikan Nila Tidak Mau Besar

Bagi anda penggemar sajian makanan berbahan dasar ikan pasti sudah tidak asing dengan ikan nila. Dimana ikan yang satu ini memiliki warna yang menarik serta cara budidaya yang mudah. Prospek bisnis jenis ikan ini memang sangat menjanjikan karena selain bisa dipelihara sebagai hiasan kolam, ikan ini bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan aneka sajian kuliner.

Jika anda ingin mengambil peluang dengan budidaya ikan jenis ini maka pastikan anda memahami betul cara budidaya yang tepat. Sebab tak jarang yang menemukan masalah ikan yang tak mau besar sehingga membuat hasil panen ikan kurang menguntungkan. Berikut ini akan dijelaskan faktor-faktor yang menyebabkan nila tidak mau besar yang perlu anda ketahui.

  1. Faktor Bibir
    Pada setiap ikan yang lahir biasanya berpotensi tumbuh lambat tumbuh, biasa saja, bongsor dan sangat bongsor. Sehingga faktor genetik dan varietas ikan sangat berpengaruh. Sehingga pastikan memilih bibit ikan yang berkualitas dan diperoleh dari indukan yang terbaik.
  2. Makanan
    Makanan ikan terdiri dari dua jenis yaitu pakan alami dari dedaunan dan pakan buatan. Bila ikan hanya diberi pakan alami maka kemungkinan ikan mengalami kurang nutrisi sehingga membuat pertumbuhannya menjadi lambat. Untuk itulah ikan perlu diberikan pakan buatan seperti pelet atau konsentrat dengan kandungan protein 30% agar nila cepat berkembang. Pastikan pemberian makanan buatan tidak berlebihan agar tidak menimbulkan masalah pada ikan.
  3. Ekosistem
    Pastikan ekosistem biotik dan abiotik sekitar kolam sangat mendukung untuk budidaya nila. Sebab kolam yang berada di dekat tempat bising dengan tempat yang tenang akan memiliki hasil yang berbeda. Kolam yang tenang dan bebas limbah menjadikan hasil panen lebih melimpah. Selain itu jagalah kebersihan kolam terutama dari bahan-bahan kimia maupun predator air.
  4. Nafsu Makan Menurun
    Jika ikan mengalami penurunan nafsu makan maka dapat dipastikan ikan tersebut tidak mau besar. Namun jangan memaksakan memberikan pakan ikan jika ikan tersebut tidak mau makan. Sebab pakan yang menumpuk di dalam air kolam maka lama kelamaan bisa menjadi sumber penyakit bagi ikan.

Demikianlah penjelasan mengenai faktor-faktor yang menyebabkan ikan nila tidak mau besar yang bisa menambah wawasan anda. Penjelasan di atas bisa memberikan gambaran supaya anda lebih siap untuk memelihara ikan sehingga anda bisa mengatasi masalah tersebut dan memperoleh hasil budidaya ikan yang melimpah.