Kelebihan Perabotan Dapur dari Kerajinan Logam Stainless

Kita mengenal beberap jenis logam yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari salah satunya adalah stainless. Logam stainless ini paling mudah kita temukan dalam wujud perabotan dapur dan juga beberapa peralatan makan. Hanya saja mungkin masih banyak orang yang belum bisa membedakan stainless dan alumunium. Memang kedua jenis logam tersebut umum dipakai sebagai alat dapur.

Penggunaan peralatan dapur dari stainless memiliki kualitas yang tidak kalah dari barang hasil kerajinan tembaga dan lainnya. Selain stainless dan alumunium memang jenis logam lain yang sering digunakan sebagai perkakas adalah tembaga. Perbedaan yang paling mencolok dari stainless dan alumuniuam dengan tembaga jelas ada pada warna logamya.

Kalau di rumah Anda menggunakan cukup banyak perkakas dapur dan perabotan lainnya yang terbuat dari stainless banyak keuntungan yang didapatkan. Apa sajakah keuntungan yang dimaksud bisa ditemukan dalam daftar berikut ini.

Keuntungan Menggunakan Perabotan Stainless

pixabay.com

Mudah untuk Dibersihkan

Kelebihan dari perabotan yang terbuat dari logam stainless adalah mudah untuk dibersihkan. Ini disebabkan karena permukaannya yang cenderung licin dan rata serta tidak berpori. Tidak adanya pori pada logam stainless membuat kotoran tidak akan masuk ke bagian dalamnya dan tidak menyerap air.

Penghantar Panas yang Baik

Mempergunakan peralatan memasak yang dibuat dari logam stainless akan mempercepat proses pematangan. Mengapa bisa begitu? Karena stainless merupakan konduktor atau penghantar panas yang baik. Sehingga saat Anda memasak menggunakan peralatan stainless panas dari api kompor akan lebih merata.

Kuat dan Kualitasnya Tinggi

Perabotan dari bahan stainless terkenal sangat kuat yang tidak akan mudah penyok dan patah karena benturan. Bahkan bahan stainless dikenal sebagai jenis logam yang paling kuat di antara lainnya. Dengan begitu perabotan stainless milik Anda tidak akan mudah rusak dan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Stainless dengan kualitas tinggi banyak digunakan sebagai peralatan masak di hotel.

Murah dalam Perawatannya

Mungkin Anda akan mengatakan bahwa peralatan dari stainless harganya akan lebih mahal saat membelinya. Tetapi jatuhnya akan tetap lebih hemat mengingat perabotan stainless tidak butuh perawatan yang mahal. Untuk membersihkan noda yang menempel pada peralatan stainless kita tinggal menggosok dan mencucinya saja. Memberihkan peralatan stainless lebih aman dari berbagai risiko.

Tahan Karat

Kebanyakan orang pasti akan merasa kesal ketika perabotan dapur yang lama tidak digunakan malah menjadi berkarat. Karat pada perabotan selain akan merusaknya juga tidak baik untuk kesehatan. Hal tersebut tidak akan dialami jika kita menggunakan perabotan yang dibuat dari stainless. Terbuat dari nikel dan kromium dan tembaga, stainless memililiki sifat anti karat dan tahan terhadap proses oksidasi.

Multifungsi dalam Penggunaannya

Peralatan dapur yang dibuat dari stainless juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan atau multifungsi. Penggunaan peralatan stainless untuk wadah makanan atau minuman tertentu misalnya tidak akan berbahaya. Ini disebabkan karena sifat stainless tersebut tidak akan bereaksi dengan bahan apapun sehingga tidak akan mempengaruhi kualitas makanan atau minuman.

Sebelumnya sudah disinggung tentang masih banyaknya orang yang tidak bisa membedakan mana stainless mana alumunium. Untuk membantu Anda membedakan kedua logam tersebut inilah beberapa ciri yang bisa digunakan.

Perbedaan Stainless dan Alumunium

pixabay.com

Ketahanan Pada Korosi

Perabotan dari stainless dikenal memiliki daya tahan yang tinggi terhadap oksidasi dan korosi sehingga sangat sulit berkarat. Stainless dibuat dari campuran logam tembaga, nikel, kromium dan mangan yang membuatnya tahan terhadap korosi.

Sedangkan pada peralatan dari alumunium meskipun juga tahan korosi karena adanya lapisan pasiva tapi tidak sebaik stainless. Perabotan dapur dari alumunium seiring dengan berjalannya waktu bisa mengalami kerusakan pada logamnya berupa lubang. Terlebih jika digunakan di tempat yang memiliki kandungan asam tinggi maka proses kerusakan akan lebih cepat.

Konduktivitas dan Harga

Memang untuk kemampuan penghantar panas alumunium lebih bagus daripada stainless. Selain itu dari segi harga perabotan alumunium lebih murah daripada stainless steel. Hanya saja ingat kembali tentang kelebihan stainless yang sudah dijelaskan di atas. Keawetan serta kualitas stainless jauh lebih baik.

Reaksi Dengan Makanan

Salah satu faktor yang sebaiknya dipertimbangkan saat akan membeli peralatan dapur adalah keamanannya. Dalam hal ini terutama terkait bagaimana pengaruhnya pada makanan ataupun minuman yang diolah ataupun ditempatkan di dalamnya. Peralatan atau perabotan dari stainless tahan terhadap reaksi dengan makanan ataupun minuman sehingga tidak akan mengganggu kesehatan.

Sedangkan perabotan dari alumunium kurang tahan terhadap reaksi terhadap makanan ataupun minuman. Penggunaan dalam jangka panjang dikhawatirkan bisa mempengaruhi kesehatan.