Apa Saja Manfaat Dari Kurma Muda?

Selain buah kurma yang sudah matang untuk konsumsi, buah kurma muda juga memiliki banyak khasiat sehingga banyak orang yang mencarinya. Buah kurma muda ini sendiri sangat cocok untuk mengatasi pasangan yang ingin segera memiliki momongan.

Buah kurma yang masih muda memiliki warna kuning, merah ataupun hijau, selain itu buah kurma muda ini juga sering kali dijadikan oleh – oleh ketika seseorang pergi haji ataupun umroh. Untuk mendapatkan buah kurma muda ini sendiri cukup sulit, karena tingginya tingkat permintaan pasar yang ada, namun pasar – pasar tradisional ataupun miqat di Arab Saudi masih sering terlihat yang menjual buah kurma muda tersebut.

Untuk mendapatkan buah kurma muda di Indonesia sendiri bisa dengan menitip pada kerabat yang akan pergi haji maupun umroh atau bisa juga cek toko online maupun offline terpercaya. Salah satu toko online jual kurma terlengkap adalah pasarkurma.com, selain menjual berbagai jenis buah kurma, pada situs tersebut juga menyediakan banyak olahan dari buah kurma itu sendiri.

Pada awal bulan Ramadhan biasanya merupakan masa panen buah kurma muda, atau pada bulan Mei hingga Desember dan ketika musim haji selesai musim panen kurma muda. Sehingga tidak seperti buah kurma matang yang sudah dikeringkan, untuk mendapatkan buah kurma muda ini kalian harus membelinya ketika masa panen.

Manfaat Buah Kurma Muda

pexels.com

Banyak jenis dari kurma muda ini sendiri, namun yang paling dicari adalah kurma muda yang berwarna kuning. Kurma muda kuning ini sendiri memang memiliki rasa yang lebih enak ketimbang jenis lainnya, baik itu merah maupun kurma muda hijau. Dengan rasa manis dan sedikit asam serta teksture renyah yang enak ketika dimakan menjadikan kurma muda kuning ini sangat populer.

Kurma yang masih muda ataupun setengah matang memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk tubuh, sehingga selain enak kurma juga sangat cocok untuk camilan. Meskipun begitu kandungan zat yang ada pada kurma muda masih tergolong lebih sedikit ketimbang kurma yang sudah benar – benar matang atau kurma tua.

Kandungan pada buah kurma itu sendiri mulai dari, kalium, magnesium, mangan dan tembaga. Selain itu buah kurma baik yang masih muda ataupun tua juga mengandung zat besi, kalsium, vitamin K, vitamin B, avanoid, karoten, dan anthocyanin.

Dengan banyaknya kandungan yang menyehatkan tubuh tersebut, buah kurma muda ini juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan. Sehingga banyak sekali pasangan yang mengonsumsi buah kurma muda untuk program kehamilan mereka.

1. Meningkatkan Kesuburan

Kurma muda ini memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk pasangan ingin segera memiliki momongan. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi sering disarankan untuk ibu hamil ataupun yang sedang dalam masa program hamil. Salah satu makanan yang cocok adalah kurma muda ini karena kandungan zat besi yang ada, selain itu kurma muda juga enak dijadikan camilan.

Selain untuk para istri buah kurma muda juga cocok dikonsumsi oleh para lelaki, yang mana dengan banyak mengonsumsi buah kurma muda akan meningkatkan kualitas dari sperma.

2. Mengurangi Pendarahan

Ketika proses persalinan tentunya akan mengalami pendarahan, dengan mengonsumsi buah kurma muda ini maka akan mengurangi pendarahan tersebut. Pendarahan ketika proses persalinan lebih terkontrol karena buah kurma muda memiliki kandungan vitamin K.

3. Memperlancar ASI

Buah kurma muda ini mengandung oksitosin, yang mada zat tersebut digunakan untuk memperlancar ASI. ASI atau Air Susu Ibu memang sangat baik untuk asupan bayi anda, sehingga dengan ASI yang lancar bayi anda akan senantiasa sehat dan tidak kekurangan asupan nutrisi setiap saat.

4. Penambah Energi

Buah kurma yang sudah masak ataupun masih muda memiliki kandungan serat dan glukosa yang baik untuk tubuh kita. Kandungan glukosa ini sendiri meskipun tidak sebanyak ketika sudah matang tentunya masih memiliki kasiat untuk mejaga kesahatan darah kita. Ketika kita mengonsumsi kurma muda kita akan merasa lebih segar dan bertenaga, hal itu berkat kandungan serat yang ada pada buah tersebut.

Serat yang dikandung pada buah kurma muda ini juga baik untuk pencernaan, sehingga selain mengenyangkan juga baik untuk menjaga berat badan yang mana buah kurma muda ini juga cocok dijadikan sebagai makanan untuk diet.

Tips Mengonsumsi Buah Kurma Muda

pexels.com

Buah kurma muda memiliki rasa manis yang tidak semanis pada buah kurma yang sudah matang, ada juga sedikit rasa asam didalamnya sehingga cocok dimakan langsung sebagai camilan ataupun diolah terlebih dahulu sehingga lebih nikmat.

Orang Timur Tengah seringkali mengonsumsi buah kurma muda ini dengan cara ditumbuk terlebih dahulu kemudian dicampurkan dengan susu ataupun madu, sehingga selain tidak menghilangkan khasiatnnya olahan kurma muda juga menjadi lebih enak.

Tidak hanya kurma matang yang enak dijadikan sari kurma, kurma setengah matang atau muda pun tidak kalah enak, karena ada sedikit rasa asam didalamnya. Untuk membuat sari kurma muda tentunya sangat mudah, kalian hanya perlu merebusnya hingga mendidih kemudian pisahkan sari kurma muda dengan menggunakan saringan.