Inilah Urutan Surat Pendek Dalam Juz Amma Untuk Dipelajar Anak

juz amma

Mempunyai anak yang pandai membaca serta menghafal qur’an adalah dambaan setiap orang tua. Namun perlu diingat semua itu membutuhkan proses. Apalagi anak-anak umumnya cepat merasa bosan. Kendala seperti itu dapat diatasi dengan media khusus. Media ini mampu menumbuhkan kecintaan anak pada ayat-ayat Tuhan. Jika sampai tahapan tersebut umumnya anak akan maju pesat dengan memilih Al-Qur’an menjadi bagian keseharian mereka.

Sebenarnya media apa yang dapat membuat anak senang dengan Al-Qur’an? Juz Amma jawabnya, di dalamnya berisikan surat pendek yang banyak jumlahnya. Mulai dari jumlah ayat panjang sampai pendek sekalipun. Kalau dihitung secara keseluruhan ada 37 surat dengan 1 surat tambahan. Surat tambahan tersebut berasal dari Juz 1, dengan nama Al-Fatihah.

Urutan Surat Pendek Dalam Juz Amma Yang Dikenal Selama Ini

Urutan Surat Pendek Dalam Juz Amma

ilustrasi Urutan Surat Pendek Dalam Juz Amma (photo:pixabay.com)

Juz Amma mempunyai banyak surat yang mana semuanya diturunkan sebelum Nabi Hijrah. Serta digolongkan dalam surat Makkiyah (Mekkah). Jumlahnya mencapai 34 surat. Sedangkan 3 surat terakhir masuk dalam golongan Madaniah (Madinah). 3 surat terakhir yakni Al Bayyinah, Al Zalzalah, dan An Nashr diturunkan setelah nabi melakukan hijrah. Semua itu umunya dipelajari anak-anak. Entah saat mereka di sekolah, tempat pendidikan Al-Qur’an (TPA), serta diajarkan mandiri oleh orang tua.

Setiap surat yang ada dalam Juz Amma itu mempunyai berbagai manfaat dan keutamaan. Bahkan salah satu surat ketika dibacakan sama dengan ⅓  Al-Qur’an. Itu baru satu saja belum lainnya. Maka setiap surat itu tidak ada yang rugi untuk dibaca. Apalagi kalau anak-anak kita fasih menghafalnya. Manfaat ganda biasanya langsung diperoleh.

Sebagian Kecil Urutan Surat Pendek Dalam Juz Amma

juz amma

ilustrasi membaca juz amma (photo; pixabay.com)

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa surat yang ada dalam Juz Amma itu jumlahnya banyak. Meskipun berada di posisi Juz 30 dari sebuah Al-Qur’an. Jika dipakai sebagai sarana belajar untuk anak umumnya memakai Juz Amma dahulu. Tiap surat itu mudah dipahami bahkan untuk anak berusia di bawah lima tahun atau usia taman kanak-kanak. Guru mereka memang biasanya mengenalkan beberapa ayat sebagai permulaan mengenal Juz Amma.

Lantas, apa saja yang umumnya dikenalkan untuk anak-anak usia TK tersebut?

Al-Fatihah

Surat pendek no 1 ini selalu menjadi bahan pengajaran wajib saat di sekolah maupun tempat anak mengaji. Kenapa surat ini selalu diutamakan? Karena induk dari segala macam surat. Pertama kali diturunkan dan masuk golongan Makkiyah. Bahkan nama Al Fatihah itu sendiri bermakna pembukaan. Total keseluruhan ayatnya ada 7. Para ahli juga menyatakan bahwa surat ini sering disebut As Sab’ul Matsaany (tujuh yang berulang). Hal itu dikarenakan setiap sholat selalu dibaca berulang-ulang pada tiap rakaat. Isi pokok surat secara umum bermakna Keimanan, Hukum-hukum.

An Naba’

Surat pendek no 2 masuk dalam golongan Makkiyah. Surat ini termasuk surat ke 78 dalam Al-Qur’an, dengan jumlah ayatnya sebanyak 40. Surat kedua ini turun setelah surat Al Ma’aarij. Lalu diberi nama An Naba’ atau berita besar. Surat mempunyai makna mendalam, diantaranya: Pengingkaran orang-orang musyrik terhadap hari kebangkitan, ancaman Allah SWT akan sikap orang musyrik. Allah menunjukkan bukti adanya hari berbangkit melalui kekuasaan yang ada di semesta ini. Kejadian yang ada saat hari berbangkit juga dijelaskan. Azab untuk mereka yang mengingkari ayat yang Allah turunkan turut dirincikan. Serta keadaan orang kafir yang penuh penyesalan saat kimia tiba.

An Nazi’at

Surat pendek no 3 juga masih digolongkan dalam surat Makkiyah. Surat ini termasuk yang ke 79 dan berisikan 46 ayat. Waktu penurunannya setelah surat An Naba’. Lalu dinamakan An Nazi’at atau malaikat-malaikat yang mencabut.  Selain itu surat ini dikenal dengan nama lain yakni As Saahirah serta Ath Thaammah. Surat ketiga ini mempunyai makna terkait hari kiamat, sikap orang musyrik tentang hari kiamat, pembagian manusia menjadi 2 golongan saat berada di alam akhirat. Selain itu kisah Nabi Musa dengan fir’aun turut dijelaskan.

Abasa

Bacaan surat pendek no 4 terbilang cukup banyak karena ada 42 ayat. Urutan dalam Al-Qur’an termasuk surat ke 80. surat keempat ini turun setelah An Najm. Setelah itu diberi nama Abasa yang diperoleh dari ayat pertama pada surat. Permulaan diturunkannya ternyata punya kisah sendiri. Pada suatu waktu Rasulullah SAW berdiskusi dengan para pemimpin Quraisy. Beliau berharap mereka memeluk Islam. Saat itu datang seorang  bernama Ibnu Ummi Maktum. Kebetulan orang itu buta, dia hanya berharap Rasulullah membacakan ayat Al-Qur’an yang telah diturunkan Allah. Namun Rasulullah bermuka masam dan berbalik meninggalkan orang itu. Lalu Allah langsung menurunkan surat Abasa. Surat itu turun sebagai bentuk teguran Allah terhadap Rasulullah.

Surat Abasa ini juga mempunyai makna mendalam tentang keesaan Allah. Lalu kondisi manusia saat hari kiamat terjadi serta hukuman Allah terhadap manusia yang tidak pandai bersyukur. Begitulah beberapa urutan ayat utama dalam Juz Amma yang patut diketahui pembaca sekalian. Semoga bermanfaat dalam menambah ilmu serta ketika mengenalkan kepada anak. Makna ayat utama di atas mengingatkan manusia untuk selalu mengutamakan akhirat. Sejatinya alam akhirat itulah kehidupan abadi yang sesungguhnya. Jangan sampai menyesal ketika kita sudah tidak lagi berada di dunia fana ini.